oleh

Viral, Usai Digigit Anjing Rabies, Pria ini Menggonggong. Yuk, Kenali Penyakit Rabies dan Gejalanya

Akhir-akhir ini telah beredar video yang akhirnya menyebar luas kemudian viral di media sosial tentang seorang pria di Namibia tengah menggonggong di rumah sakit.

Pria Namibia ini bernama Malaika Malamba. Ia dirawat di rumah sakit Katutura Intermediate Hospital, Namibia setelah satu bulan sebelumnya digigit oleh anjing yang dicurigai terkena rabies.

alam unggahan video yang telah viral tersebut, pria yang akrab dipanggil Malamba ini tampak menggonggong seperti anjing ketika terbaring di tempat tidur rumah sakit dengan selang oksigen menempel pada mulut dan juga hidungnya. Dan dokter berusaha sekuat tenaga untuk menenangkannya.

Dilansir dari The Namibian, ketika dikunjungi awak media di rumah sakit, kondisi Malamba sudah stabil namun masih bernafas berat seperti anjing. Ia juga tampak bingung kenyataannya.

Saat itu, Malamba berusaha untuk memberi tahu media tentang kronologi ketika ia digigit anjing sebulan sebelumnya, walaupun ia tidak bisa bicara dengan benar.

Saya tidak tau mengapa anjing itu menggigit saya. Saya tidak berlari. Rasanya sangat sakit kadang-kadang, seperti memar,” ujar Malamba sembari menunjukkan luka gigitan di perutnya yang hampir sembuh itu.

Bukan hanya itu, Malamba juga mengatakan bahwa setelah kejadian malang yang ia alami tersebut, ia pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan suntikan anti rabies. Namun setelah mendapat 3 suntikan, dia merasakan panas dingin di tubuhnya dan mengalami ketakutan.

Rabies atau bisa disebut penyakit anjing gila adalah penyakit hewan menular yang dapat menyerang manusia. Penyebab penyakit ini adalah oleh virus dari genius Lyssavarius yang berarti mengamuk atau kemarahan dalam Bahasa Yunani.

Sama halnya dengan namanya, penyakit ini biasanya disebarkan oleh anjing atau kucing melalui gigitan atau air liurnya.

Gejala rabies dapat disebabkan pada hewan seperi anjing, kucing, dan juga kera.

Menurut drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Direktur Kesehatan Hewan dari Kementerian Pertanian RI, hewan yang terjangkit rabies akan menunjukkan perubahan sikap, seperti beringas, takut air, takut keramaian. Dan dalam dua atau tiga minggu, hewan yang terkena rabies akan mati.

Maka dari itu, manusia jangan mengabaikan gigitan hewan peliharaannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed